BerandaKulinerRendang Padang Populer di Indonesia Hingga Dunia, Ini Tips Memasaknya

Rendang Padang Populer di Indonesia Hingga Dunia, Ini Tips Memasaknya

MEDAN, PILAR MERDEKA – Rendang masakan khas asal Padang, Sumatera Barat, populer di Indonesia bahkan dunia. Berbicara soal rendang daging sapi itu identik disajikan ketika Hari Raya Idul Adha. Banyak orang memilih untuk mengolah daging kurbannya menjadi rendang.

Seperti kemarin, daging kurban milik saya masih ada dan belum dikelola. Oleh saya dan isteri sepakat untuk dimasak rendang. Meskipun memasak rendang membutuhkan waktu yang tidak sebentar, namun mengingat cita rasa lezatnya jadi semangat untuk mengerjakannya..

Rendang daging sapi dimasak dalam campuran aneka bumbu rempah-rempah selama 4 jam lebih, sehingga daging menjadi empuk dan bumbu-bumbunya meresap dengan sempurna hingga terasa dalam setiap gigitan.

Cara memasak rendang sebenarnya tidak begitu sulit, namun membutuhkan kesabaran dan agar rasanya menggugah selera, maka perlu memperhatikan langkah-langkah yang benar dalam mengelola campuran aneka bumbunya, dan ini resep bumbu rendang saya.

Aneka Bumbu Rendang

Rendang
Aneka bumbu resep masakkan rendang khas asal Padang, Sumatera Utara. (Monang Sitohang)

Dengan bahan rendang 1 kg daging sapi, saya menggunakan banyak kombinasi aneka rempah tradisional yang khas seperti, daun jeruk purut dua lembar, daun kunyit dua lembar, daun salam dua lembar, sereh tiga batang kupas lalu potong setengah, lengkuas, jahe, kunyit, bawang merah sekitar 30 siung, bawang putih sekitar 20 siung, cabai merah sekitar 2 ons, garam secukupnya dan dua butir kelapa parut ukuran besar.

Rempah-rempah inilah yang memberikan aroma dan cita rasa yang khas pada rendang dan perpaduan antara rempah ini menciptakan kompleksitas rasa yang luar biasa, dengan sentuhan pedas, gurih, manis, dan rempah-rempah yang saling melengkapi.

Cara Memasak

Langkah pertama bersihkan rempah-rempah yang sudah dipersiapkan, lalu blender (dihaluskan). Setalah itu bersihkan daging sapi dengan menggunakan jeruk nipis dan garam.

Setelah itu kelapa yang telah diperas, santannya masukkan ke dalam kuali, begitu juga dengan daun kunyit, daun salam dan daun jeruk. Perlu diingat santan juga menentukan kenikmatan dari resep rendang daging sapi khas Padang ini. Lalu masukkan semua bumbu yang telah dihaluskan, kemudian aduk-aduk jangan sampai santannya ‘pecah’.

Setelah beberapa menit kemudian santan akan mendidih, selanjutnya masukkan daging sapi yang telah dipotong-potong tadi, dan tetap diaduk hingga nanti akan berubah warnanya. Setelah beberapa jam kemudian santan mengering. Hingga sampai masak tetap diaduk agar tidak gosong.

Jadi ada sekitar 4 jam lebih memasak rendang ini, rasa bosan dan lelah itu terbayar rasanya setelah menikmati kelezatan rendang padang yang telah memikat banyak lidah di seluruh dunia dengan cita rasa nikmatnya. (Monang Sitohang)

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Situs ini menggunakan Akismet untuk mengurangi spam. Pelajari bagaimana data komentar Anda diproses.

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments