BerandaNasionalGunung Lewotobi di Flores Timur Mengalami Erupsi

Gunung Lewotobi di Flores Timur Mengalami Erupsi

PILAR MERDEKA – Gunung Lewotobi adalah dua gunung berapi yang saling berdekatan dengan dua puncak yang hampir sama tingginya, yang terletak di bagian tenggara Pulau Flores. Puncak tertinggi Lewotobi dinamakan Gunung Lewotobi Perempuan (1 703 m dpl) dan puncak yang sedikit lebih rendah tetapi lebih aktif dinamakan Gunung Lewotobi Laki-Laki (1 584 m dpl).

Gunung Lewotobi Laki-Laki dinyatakan memasuki level awas bahaya IV atau Awas pada Selasa, 9 Januari 2024 lalu pada pukul 23.00 WITA setelah pengamatan beberapa hari sebelumnya menunjukkan peningkatan intensitas erupsi.

Sementara pada Senin, 15 Januari 2024 mengalami gempa sebanyak 144 kali dan pada Selasa, 16 Januari 2024 Gn. Lewotobi terpantau mengalami aktivitas kegempaan sebanyak 396 kali, diantaranya 13 kali gempa awan panas guguran, 108 kali gempa letusan, 172 kali gempa Frekwensi, 10 kali gempa Tremor, 1 kali gempa vulkanik dalam dan 92 kali guguran.

Dan pada Rabu, 17 Januari 2024 Gunung Lewatobi Laki-laki pukul 17.23 WITA mengalami erupsi dahsyat dengan tinggi kolom letusan teramati mencapai ketinggian sekitar 1500 meter diatas puncak (+/- 3084 m dpl) kolom abu teramati berwarna putih hingga kelabu dengan intensitas sedang hingga tebal ke arah Utara dan Timur Laut.

Selain itu Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) akan terus berkoordinasi dengan Pemerintah Daerah dengan terus melakukan pemantauan dan melaporkan setiap perkembangan yang terjadi melalui Pos Pengamatan Gunung Lewatobi Laki-laki di Desa Pulolera, Kecamatan Wulanggitang, Kabupaten Flores Timur, Provinsi Nusa Tenggara Timur untuk mengambil tindakan dan keputusan evakuasi untuk menghindari adanya korban jiwa.

Kemudian Kamis, 18 Januari 2024, Gn. Lewotobi Laki-laki kembali mengalami erupsi pada pukul 04:48 WITA tinggi kolom abu teramati ± 500 m di atas puncak. Erupsi terekam di seismograf dengan amplitudo maksimum 37 mm dan durasi 85 detik.

Saat ini sudah sebanyak 4335 warga mengungsi ketempat yang lebih aman di 5 titik tempat pengungsian : Kantor Desa Hokeng Jaya, Kantor Desa Boru Kedang, Kantor Desa Boru, Kantor Desa Hewa dan Kantor Desa Klatanlo. (PVMBG/Budi)

ONLINE TV NUSANTARA
Klik Play Untuk Menyaksikan Online TV Nusantara

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments