BerandaInternasionalGenerasi Muda Indonesia Diharapkan Berpartisipasi Wujudkan Tujuan SDGs

Generasi Muda Indonesia Diharapkan Berpartisipasi Wujudkan Tujuan SDGs

Oleh : Said Achmad Kabiru Rafiie, Dosen Universitas Teuku Umar (UTU) Meulaboh & Director Center For Aceh and Social Studies.
Kota The Hague merupakan pusat pemerintahan di Belanda dan tempat raja-ratu menetap. Kota penting itu memposisikan sebagai kota perdamaian dan keadilan (Peace and Justice Community).

Kondisi yang memposisikan kota itu dikarenakan sebanyak 148 organisasi dunia, International NGO, bisnis Star-up dan perusahaan swasta membuka kantor pusat di The Hague.

Maka dari itulah Kota The Hague merencanakan pembangunan berkelanjutan untuk mendukung pembangunan kota agar kebutuhan perumahan, pasokan pangan dan ketersedian air dapat dipenuhi untuk pertumbuhan penduduk dan kota.

Pada satu kesempatan mendapat peluang mengunjungi Balaikota The Hague dan bertemu dengan bagian perencanaan kota atau Bappeda (Badan Perencanaan Pembangunan Daerah).

The Haque
Mendengar pemaparan Divisi perencanaan  Kota The Haque. (Foto. dok pribadi)

Pihak Balaikota menjelaskan sejarah perkembangan Kota The Hague. Dan paling berkesan mendapat pembelajaran mengenai implementasi Sustainable Development Goals) yang memiliki 17 tujuan Global di tiap negara guna mewujudkan dunia yang lebih adil, makmur dan sejahtera.

Untuk seluruh warga di dunia. Adapun tujuan dari SDGs itu, antara lain :

1. Mewujudkan dunia tanpa kemiskinan.
2. Dunia tanpa kelaparan.
3. Kehidupan yang sehat dan Sejahtera.
4. Pendidikan yang berkualitas.
5. Kesetaraan gender.
6. Air bersih dan sanitasi yang layak.
7. Energi bersih dan terjangkau.
8. Pekerjaan layak dan pertumbuhan ekonomi.
9. Tumbuhnya industri, inovasi dan infrastruktur. 10. Kesenjangan yang berkurang.
11. Kota dan permukiman yang berkelanjutan.
12. Produksi dan konsumsi yang bertangungjawab.
13. Penanganan perubahan iklim.
14. Ekosistem lautan.
15. Ekosistem daratan.
16. Perdamaian, keadilan dan kelembagaan.
17. Kemitraan untuk mencapai tujuan.

The Haque
Said Achmad Kabiru Rafiie saat berada di Kota The Haque, Belanda. (Foto. dok pribadi)

Berdasarkan penilaian SDGs Transformation Center 2024, Belanda merupakan negara yang memiliki score terbaik dalam implementasi SDGs, yaitu peringkat 20 dari 166 negara.

Dan saya berkesempatan untuk belajar secara langsung dari pratisi dan birokrat kota The Hague mengenai strategi implementasi SDGs yang dilakukan oleh Pemerintah Kota The Hague melalui The Hague Humanity Hub.

Fungsi dari hub ini untuk menyediakan informasi mengenai lapangan kerja dan juga membuka Star Up Baggy generasi muda The Hague, selain itu kota The Hague juga sangat mudah dalam mendapatkan koneksi internet wifi publik sehingga memudahkan share informasi bagi masyarakat.

Dari situ saya mendapat pemahaman tentang strategi pelaksanaan SDGs Kota Belanda dapat mendukung pembangunan berkelanjutan dengan memetakan kebutuhan masyarakat.

The Haque

Sedangkan untuk mendukung ketersedian rumah bagi masyarakat, pemerintah kota memberikan alternatif pemukiman di tepi Sungai.

Hal ini karena terbatasnya lahan yang dapat digunakan untuk areal permukiman di The Hague sehingga rumah terapung merupakan solusinya. Pemerintah Belanda sangat peduli terhadap manajemen air dan kebersihan Sungai dan Kanal sehingga masyarakat banyak memanfaatkan Sungai dan Kanal sebagai aktivitas perekonomian seperti café dan membangun rumah.

Saya berharap, generasi muda Indonesia akan dapat berpartisipasi dalam mewujudkan tujuan SDGs dengan melindungi lingkungan. Membudayakan hidup sehat seperti bersepeda dan berjalan kaki dan adanya dukungan pemerintah untuk mengajak generasi muda dalam pembangunan berkelanjutan.

The Haque
Saat Menerima Sertifikat Pembangunan Daerah dari The Hague Academy for Local Governance
ONLINE TV NUSANTARA
Klik Play Untuk Menyaksikan Online TV Nusantara

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments