BerandaPemerintahPj Gubernur Sumut Terus Perkuat Sosialisasi untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

Pj Gubernur Sumut Terus Perkuat Sosialisasi untuk Tingkatkan Partisipasi Pemilih Pemula

MEDAN, PILAR MERDEKA – Pemerintah Provinsi Sumatera Utara (Pemprov Sumut) terus memperkuat sosialisasi Pemilihan Umum (Pemilu) 2024. Ini bertujuan untuk meningkatkan partisipasi masyarakat di pesta demokrasi terbesar di Indonesia. Dan angka partisipasi pemilih di Sumut pada Pemilu 2019 cukup tinggi, 80% atau melebihi target dan 20% dari pemilih tersebut adalah pemilih pemula.

Pj Gubernur Sumut Hassanudin optimis di tahun 2024 partisipasi pemilih pemula Sumut juga akan meningkat.

“Sosialisasi salah satu kuncinya, kita harus melakukannya dengan benar dan tepat termasuk ke pemilih pemula, karena mereka cukup aktif mengikuti perkembangan politik lewat media sosial, jadi kita perlu memberikan edukasi lebih kepada mereka,” jelas Hassanudin, di Kantor Gubernur Sumut, Jalan Diponegoro Nomor 30, Medan, Selasa (19/12).

Hassanudin juga menjelaskan Pemprov Sumut dan KPU Sumut bekerja sama memetakan pemilih, sehingga bisa memberikan sosialisasi dengan tepat. Dengan begitu, pesan yang ingin disampaikan diharapkan diterima oleh seluruh masyarakat yang sudah memiliki hak suara.

“Agar pesan tersebut tersampaikan dengan baik, maka kita harus tahu kepada siapa pesan tersebut disampaikan, bagaimana cara yang tepat, dan bagaimana kemasan yang tepat,” tambah Hassanudin lagi.

Pj Gubernur
Pj Gubernur Sumut Hassanudin menjadi Narasumber pada Talkshow di Kompas TV dan Tribun Medan TV di Gedung Kompas Gramedia, Jalan Wahid Hasyim, Medan, Selasa (19/12/2023). (Foto : Dinas Komunikasi dan Informatika Provinsi Sumut / Imam Syahputra).

Kemudian Hassanudin juga memastikan pengamanan Pemilu 2024 juga sudah dipersiapkan dengan matang. Kepolisian, TNI dan Satpol PP bekerja sama memastikan Pemilu 2024 berjalan dengan aman dan nyaman.

“Kita mempersiapkannya, bersama TNI dan Polri, membuat prediksi untuk upaya mitigasi, membuat skema dan rencana, persiapan kita matang untuk menciptakan Pemilu yang aman dan damai,” kata Hassanudin.

Sementara itu, Kepala Dinas Komunikasi dan Informatika Sumut Ilyas S Sitorus mengatakan, pentingnya masyarakat menyaring informasi yang tersebar di media sosial. Menurutnya, semakin mendekati hari pemilihan, informasi baik yang positif atau negatif akan meningkat.

“Itu salah satu yang perlu kita tekankan saat sosialisasi, masyarakat perlu menyaring informasi yang beredar terutama di media sosial, tidak menerima informasi tersebut mentah-mentah, harus difilter, dicek kebenarannya,” ujar Ilyas S Sitorus. (*/Mons)

ONLINE TV NUSANTARA
Klik Play Untuk Menyaksikan Online TV Nusantara

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments