BerandaDaerahMengulik Sisi Rahasia dari Raker Media Detektif Monitor

Mengulik Sisi Rahasia dari Raker Media Detektif Monitor

MEDAN, PILAR MERDEKA – Memasuki di penghujung akhir tahun 2023 Surat Kabar Detektif Monitor menyelenggarakan Rapat Kerja (Raker), di Earth Space Cafe & Karaoke Jalan Panglima Denai, No. 15, Medan Amplas,.Kota Medan. Sabtu (16/12), tema yang diusung “Demi Kemajuan dan Pengembangan Menciptakan Media dan Jurnalis yang Profesional dan Mandiri”.

Hadir dalam raker seluruh jajaran Pimpinan Perusahaan, Redaksi, Kepala Biro dan sejumlah Wartawan Media Detektif Monitor di kabupaten/kota di Sumatera Utara. 

Seperti diketahui Surat Kabar Detektif Monitor ini bukan lagi pendatang baru di dunia jurnalistik, bahkan telah berkiprah selama 14 tahun, jika dipandang dari sisi usia manusia kini memasuki fase masa remaja, yang akan beranjak dewasa bila dikatagorikan siap berdaya saing dengan mapan sistem, konsep dan profesonial dalam menjalankan tugas-tugas jurnalistik.

Apalagi di tengah euforia tumbuhnya berbagai media online di tanah air yang menjadikan media mainstream mengalami kondisi pasang surut dalam hal sirkulasi penerbitan.

Dalam kesempatan ini selaku Pemimpin Redaksi Surat Kabar Detektif Monitor Rosdiana Hutagalung menyampaikan, “Untuk menjadi Wartawan yang memiliki kualitas SDM yang unggul serta berdaya saing, Wartawan harus membuang jauh-jauh sifat seperti Kudis (Kurang Disiplin), Kurap (Kurang Rapi) dan Kutil (Kurang Teliti) dalam membuat penulisan berita,”.

Kemudian Rosdiana Hutagalung menekankan kepada semua wartawan Detektif Monitor (Damon) harus benar-benar teliti dan memahami para narasumber yang akan dijadikan berita, agar tidak terjebak dengan berita hoax.

Raker
Rosdiana Hutagalung Pemred Detektif Monitor saat memberikan pengarahan kepada peserta raker. (Foto. Detektif Monitor)

Sementara itu dalam sesi diskusi dan tanya jawab peserta Raker terkuak materi agar para wartawan terus belajar, tanpa pernah merasa berpuas diri dengan memberikan informasi terbaik kepada para pembacanya dengan penulisan yang baik dan benar dengan menggunakan Ejaan Yang Disempurnakan (EYD).

Rahasia Itu Diungkap

“Untuk mendapat rating tinggi di Google dapur keredaksian harus memperhatikan poin-poin diantaranya sebagai berikut : SEO di WordPress harus berkategori tinggi dengan kode warna hijau, Pemilihan Judul dan Permalink, setiap gambar harus diberi keterangan apakah itu hasil produksi sendiri atau mengutip dari berbagai sumber dan selain itu setiap gambar (foto) harus memiliki standar yang sudah ditetapkan oleh pihak WordPress” ujar Budi Sudarman selaku staff redaksi.

Lebih lanjut Budi Sudarman menyampaikan wartawan itu harus memiliki kepekaan dan feeling yang tajam dalam membuat sebuah berita, bahkan di sekeliling atau lingkungan kita banyak sekali yang dapat dijadikan sumber berita yang menjadi rujukan informasi bagi para pembaca, seperti UMKM, Pariwisata serta kehidupan perekonomian yang tidak sama di satu tempat dengan yang lainnya, yang akan membawa warna Surat Kabar Detektif maupun online nya.

Terhambatnya sirkulasi media mainstream untuk kedepannya yang bakal terbit sebulan sekali oleh pihak manajemen saat ini maka disiasati dengan menayangkan di Media Online Detektif Monitor, yang sampai saat ini sudah memasuki bulan ketiga.

Kehadiran Media Online Detektif Monitor bukan karena semata latah ikutan tren, tetapi ingin tampil lebih baik dengan meningkatkan rating keterbacaan di mesin pencarian Google.

Maka dengan kebersamaan dan keterbukaan sesama awak media Detektif Monitor lewat Rapat Kerja ini untuk menyambut tahun 2024 diharapkan Media Surat Kabar dan Online saling mengisi dan bersinergi, agar mampu memberikan yang terbaik dengan menghadirkan informasi yang berkualitas lewat tulisan para jurnalisnya.

Raker
Sesi foto bersama usai Rapat Kerja. (Foto. Detektif Monitor)

“Mari berbenah diri dengan meningkatkan kualitas SDM demi kemajuan diri kita dan perusahaan media sebagai sebuah industri pers,” pungkas Pimpinan Umum Detektif Monitor Ir. Fahmi Hasibuan, SH,MH saat menutup acara Rapat Kerja yang berlangsung dengan penuh semangat. (Mons)

ONLINE TV NUSANTARA
Klik Play Untuk Menyaksikan Online TV Nusantara

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments