BerandaBudayaMedan Teater Tronic Gelar FMC 2023 di Taman Budaya Medan

Medan Teater Tronic Gelar FMC 2023 di Taman Budaya Medan

MEDAN, PILAR MERDEKA – Medan Teater Tronic (MTT) adalah sebuah wadah kreatif seniman yang berkecimpung dalam pembinaan seni berbasis kompetisi. Komunitas para seniman yang tergabung dalam wadah ini berinisiatif untuk mendorong tumbuh berkembangnya kegiatan seni khususnya lewat seni peran.

Pagelaran pentas seni ini dikemas dalam bentuk kompetisi untuk menumbuhkan minat para generasi muda. Festival Medan Creative (FMC) 2023 ini berlangsung selama tiga hari dimulai dari 16 – 18 November 2023 di Open Stage dan Gedung Teater Taman Budaya Medan (TBM) di Jalan Perintis Kemerdekaan, No. 33 Medan.

Event yang bekerjasama dengan Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Medan ini diikuti para peserta dari kalangan pelajar melalui sanggar seni sekolah tingkat SMP dan SMA sederajat, yang akan berkompetisi pada kegiatan lomba pertunjukan teater, musikalisasi puisi, workshop dan pameran kreatif pelajar untuk memperebutkan tropy, piagam dan uang pembinaan belasan juta rupiah.

Direktur Medan Teater Tronic, Hafis Taadi mengungkapkan, “Event FMC 2023 ini diselenggarakan sebagai upaya pembinaan dan pengembangan dalam pelestarian seni dan budaya serta progress dalam upaya tersebut harus dimulai dari pelajar,”.

“FMC 2023 ini merupakan panggung kompetisi seni yang penyelenggaraannya selain mengikuti lomba yang digelar juga menggiring dan mengedukasi para elajar terhadap pemahaman tata kelola proses kegiatan yang akan menumbuhkan imajinasi lahirnya daya kreatif pelajar terhadap kegiatan seni pertunjukan di Kota Medan,” jelas Hafis kepada wartawan di Taman Budaya Medan, Rabu (15/11).

Peserta Lomba

Dalam pagelaran ini ada sebanyak 15 kelompok peserta yang akan mengikuti lomba pertunjukan teater diantaranya, Sanggar SMK N 8 Medan mengirimkan tiga kelompok masing masing, membawakan lakon berjudul, Kisah di Hari Rabu, Pagi Bening dan Kopi Susu. Berikutnya dari Sanggar BBC juga mengirimkan tiga kelompok dengan membawakan naskah, Orang Kasar, Kopi Susu dan Kisah Cinta Hari Rabu.

Kemudian Sanggar Anak Sungai Deli (Sasude) membawakan lakon berjudul, Bla Bla Bla, Sanggar SMK N 6 Medan membawakan naskah berjudul, Dapur Inang. Sanggar 7 kuntum dari SMP 7 Muhammadiyah Medan membawakan lakon dengan naskah berjudul, Pada Suatu Hari. Kemudian Sanggar Mardongan membawakan naskah berjudul, Kisah Cinta di Hari Rabu, Sanggar Albat membawakan naskah berjudul, Stop Bully, SMA Islam Adzkia membawakan naskah berjudul, Ayah Ku Pulang.

Dan SMA N 16 Medan dengan naskah : Kopi Susu, Sanggar Teater Dadakan membawakan naskah, Bisikan Dosa dan Sanggar Dokan. Pada perlombaan pertunjukan teater akan dinilai juri seperti, Kuntara DM, Russel dan Ayub Badrin.

Sementara pada Lomba Musikalisasi Puisi akan diikuti sebanyak lebih kurang 12 kelompok dari berbagai sanggar seni sekolah seperti, Sanggar SMA N 16, SMK N 1 Patumbak, SMA Islam Adzkia, Sanggar Mardongan, SMA Bina Bersaudara, SMPN 3 Teluk Mengkudu Serdang Bedagai, SMAN 8 Medan, Sanggar Literasi Serasi SMAN 16, Sanggar Literasi Anna SMAN 16 Medan, Sanggar Seni SMPN 2 Medan, Sanggar 7 Kuntum SMP Muhammadiyah dan Sanggar dari SMKN 11 Medan dengan tim Juri seperti : Ion Mubaroq, Yondik Tanto dan Hasan Al Banna.

Pengumuman pemenang lomba teater dan musikalisasi puisi dilaksanakan pada hari penutupan acara FMC 2023 yang juga akan diisi berbagai acara hiburan mulai dari tarian, music dan teater yang akan disuguhkan kelompok seni Bandar Peran. (Budi Sudarman)

ONLINE TV NUSANTARA
Klik Play Untuk Menyaksikan Online TV Nusantara

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments