BerandaOlahragaMenpora Dito Hadiri Pemecahan Rekor Pergelaran Angklung Terbesar di Dunia

Menpora Dito Hadiri Pemecahan Rekor Pergelaran Angklung Terbesar di Dunia

JAKARTA, PILAR MERDEKA – Indonesia kembali sukses memecahkan rekor dunia Guinness World Records (GWR). Kali ini rekor pergelaran angklung terbesar di dunia atau The Largest Angklung Ensemble in the World yang berlangsung di Stadion Utama Gelora Bung Karno (GBK), Jakarta, Sabtu (5/8), dalam rangka HUT ke-78 Kemerdekaan RI.

Menteri Pemuda dan Olahraga Republik Indonesia (Menpora RI) Dito Ariotedjo turut hadir dalam kegiatan ini. Bersama Presiden RI Joko Widodo (Jokowi) dan para pejabat lainnya, Menpora Dito menyaksikan pemecahan rekor yang diinisiasi Organisasi Aksi Solidaritas Era Kabinet Indonesia Maju (OASE KIM) ini.

Pergelaran angklung terbesar di dunia ini tidak sekadar upaya pemecahan rekor, tetapi juga sebagai upaya pelestarian budaya Indonesia yang sudah mendunia. Apalagi angklung merupakan alat musik tradisional asal Jawa Barat yang sudah diakui UNESCO sebagai warisan budaya tak benda.

Dimulai pukul 19.00 WIB, pemecahan rekor ini menyajikan permainan angklung secara serempak oleh 15.240 pemain angklung dari beragam kalangan. Meliputi anggota OASE KIM, pelajar SMA, dan sekolah kedinasan, perwakilan kementerian/lembaga, sampai lembaga Dharma Wanita Persatuan (DWP) dan Tim Penggerak PKK.

“Setelah direncanakan sejak tahun lalu dan berlatih selama kurang lebih tiga bulan, kami siap untuk melaksanakan perhelatan akbar untuk upaya pemecahan rekor dunia pergelaran Angklung di dunia,” kata Ketua Panita Pergelaran Angklung, Tri Tito Karnavian dalam laporannya, yang dikutip dari web kemenpora.go.id,  Minggu (6/8/2023).

Para penampil ini dilatih oleh Saung Angklung Udjo, yang menjadi mitra dalam pemecahan rekor tersebut. Dalam upaya pemecahan rekor ini, lagu-lagu nasional dan populer dibawakan musisi tanah air dengan iringan musik angklung. Mulai dari lagu Cintaku dari Chrisye, Mengejar Matahari dari Ari Lasso, hingga Rungkad dari Happy Asmara. Tampil mengisi acara di antaranya Kahitna dengan lagu-lagu ikoniknya dan juga Salma Idol, semuanya dibawakan dalam iringan musik angklung.

Sonia selaku penilai resmi dari Guinnes World of Record, menjelaskan, rekor The Largest Angklung Ensemble in the World sebelumnya yaitu 5.182 pemain angklung. Rekor ini sebelumnya dicetak KBRI di Washington DC pada 2011 silam.

Dalam pemecahan rekor ini harus memperhatikan sejumlah ketentuan, seperti para pemain angklung harus serempak memainkan alat musiknya dan tidak boleh meminjamkan pada pemain lain. Pemecahan rekor pun dimulai setelah aba-aba dari Sonia, yang sukses dilakukan belasan pemain angklung di GBK, termasuk Ibu Negara Iriana Jokowi ikut memainkan angklung menjadi bagian dari pemecahan rekor. (*/Mons)

ONLINE TV NUSANTARA
Klik Play Untuk Menyaksikan Online TV Nusantara

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments