BerandaKulinerLezatnya Kebangetan, Ini Tips Cara Masak Kolak Pulut Durian

Lezatnya Kebangetan, Ini Tips Cara Masak Kolak Pulut Durian

MEDAN, PILAR MERDEKA – Hampir dua bulan belakangan ini di setiap jalanan, pasar-pasar di Kota Medan selalu terlihat para pedagang durian. Maka tak heran buah yang banyak penggemarnya ini dijuluki raja dari segala buah.

Durian menjadi salah satu jenis buah yang punya banyak penggemar di Indonesia. Sebab buah yang memiliki permukaan kulit berduri ini identik dengan aroma harum, tekstur dagingnya lembut, legit dan kaya rasa.

Selain bisa disantap secara langsung durian juga banyak menjadi bahan olahan makanan.

Salah satunya dijadikan kolak pulut (ketan) durian. Makanan penutup yang satu ini terdiri dari pulut disiram kuah santan manis beraroma durian. Dan ini sudah menjadi hidangan lazim saat berbuka puasa, terutama di Kota Medan, umumnya Sumatera Utara.

Untuk pecinta durian, resep kolak durian pulut yang lezat berikut ini boleh Anda coba di rumah. Yuk, cek bahan-bahan dan cara membuatnya di bawah ini :

Durian 3 buah ukuran sedang.

Beras ketan 1 kg.

Kelapa 2 butir.

Gula merah 1/2 kg.

Gula pasir 2 Ons

Garam 1 sendok makan.

Pandan 2 helai

Air secukupnya.

Cara Membuat

Kolak
Kolak durian yang telah siap dimasak, langsung dapat disajikan dengan pulut yang telah dikukus. (Foto. Monang Sitohang)

Pertama cuci beras ketan (pulut), lalu tiriskan kemudian rendam dan kukus selama 30 menit.

Kedua pisahkan durian dengan dagingnya.

Ketiga rebus gula merah masukan daun pandan sampai gula larut, lalu saring. Kemudian panaskan kembali, masukkan santan dari hasil dua butir kelapa, daging durian, garam dan gula pasir lalu diaduk-aduk rata agar santan tidak pecah.

Kemudian jangan lupa koreksi rasanya dan perhatikan airnya jika dirasa sudah agak menyusut, boleh padamkan api kompor, tunggu hingga agak dingin. Setelah itu kolak durian dapat langsung disajikan dengan pulut.

Kolak durian pulut ini sangat enak sekali disantap dalam keadaan hangat maupun dingin atau kerap disebut dengan Kolding (Kolak Dingin). Selamat mencoba. (Monang Sitohang)

ONLINE TV NUSANTARA
Klik Play Untuk Menyaksikan Online TV Nusantara

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments