BerandaDaerahAndaliman, Cita Rasa tak Terlupakan dari Toba

Andaliman, Cita Rasa tak Terlupakan dari Toba

PILAR MERDEKA – Andaliman, salah satu bumbu masak yang selalu digunakan untuk semua ragam jenis kuliner Batak. Maka tidak heran bumbu yang satu ini menjadi icon kuliner khas Tanah Batak, bahkan dipercaya merupakan resep warisan leluhur Batak.

Apa pun jenis kuliner Batak yang Anda makan, menjadi istimewa jika dimasak menggunakan bumbu rempah yang satu ini.

Dengan andaliman, aneka masakan khas tradisional Batak seperti arsik, naniura, mie gomak, manuk pinadar dan lainnya, menjanjikan sensasi rasa yang membuat Anda terkenang-kenang. Karenanya, catat mulai hari ini: Jangan sekali-kali mengunjungi tanah Batak tanpa menyantap resep andaliman.

Andaliman dalam bahasa Batak disebut intir-intir atau sering pula disebut “merica Batak”. Nama latin tanaman ini zanthoxylum acanthopodium. Sejenis tanaman bunga-bungaan yang banyak terdapat di daerah Toba Samosir dan Tapanuli Utara.

Bentuk rempah Andaliman ini biji-biji bergerombol. Dijual dalam bentuk ikatan bertangkai. Jika masih muda, warnanya hijau segar. Biji andaliman berubah menghitam ketika tua usia. Cita rasanya sangat khas, dan dijamin hanya ada di wilayah Toba Samosir dan Tapanuli Utara. Jika Anda gigit buah andaliman, akan terasa getir, bahkan bisa menyisakan rasa kelu di lidah.

Selain sebagai bahan bumbu masak, andaliman
dengan aneka khasiatnya, sudah dijadikan bahan ramuan pembuatan sabun kecantikan (sabun andaliman).

Selain itu, ada juga keripik andaliman, sambal andaliman, minuman bandrek andaliman. Untuk menjadikan produk andaliman menjadi lebih handy, aspek kemasan pun sudah diperhatikan, sehingga kini andaliman bisa dibeli dalam kemasan sachet.

Andaliman kemasan sachet, praktis digunakan dan tahan sampai enam bulan. Selain bisa untuk campuran masakan sop, bisa juga untuk campuran kopi. (Monang Sitohang)

ONLINE TV NUSANTARA
Klik Play Untuk Menyaksikan Online TV Nusantara

Iklan

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

- Advertisment -
Google search engine

Most Popular

Recent Comments